Mata pelajaran Matematika Kelas V Kurikulum KTSP 2006 Semester II, seringkali anak-anak merasa kesulitan untuk memahami apa perbandingan skala. Maka saya selaku guru kelas mereka harus memutar otak cari solusi supaya anak dapat memahami makna perbandingan skala dan menyelesaikan beberapa masalah seputar perbandingan.
Pada kegiatan sebelumnya, anak-anak masih banyak kesulitan dalam pemahaman, sehingga pada pertemuan kedua, saya memutuskan untuk menggunakan Metode Inkuiri, yaitu mencari, menemukan, menanyakan, eksperimen dan menyimpulkan.
Nah, terlintas di benak saya, langkah-langkahnya saya harus:
- Perbandingan adalah perimbangan antara beberapa benda atau perkara, misalnya antara ukuran pada gambar dengan jarak sebenarnya.
- Skala adalah suatu perbandingan ukuran pada gambar dengan jarak sebenarnya. (mis. peta= 1:10.000, artinya setiap jarak pada peta berukuran 1 cm sama dengan 100 m pada jarak sebenarnya)---> 1 : 10.000 = panjang jarak pada peta : panjang jarak sebenarnya, artinya
10.000 ju se (plesetan dari jarak pada sebenarnya)
Lalu cantumkan informasi yang sudah diketahui baru kemudian dikali silang .
mis: 1 x ju se= ju pe x 10.000
3. Kali ini saya buat pengelompokan sepasang-sepasang.
5. Lalu anak-anak diminta mengukur menggunakan tali (karena garis pada peta melambangkan jalan dan meliuk-liuk) kemudian dibentangkan di atas penggaris sehingga akan diketahui panjangnya.
4. Setiap pasangan saya tentukan mencari jarak pada peta dari Kota A ke Kota B secara bervariasi.
7. Setelah diketahui skalanya maka anak-anak akan menuliskan beberapa hal yang sudah diketahui. (menemukan informasi), lalu perkara yang ditanyakan, bereksperimen kemudian menemukan penyelesaian dan menyimpulkan.
8. Hasilnya antara lain:
Walaupun dalam penulisan informasi yang ditemukan belum lengkap dan ada sedikit kesalahan, namun secara klasikal dapat dinyatakan 12 anak Lulus dari 16 anak, artinya 75 % Berhasil.
Sumber bahan: Jakarta. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia: PN BALAI PUSTAKA.
No comments:
Post a Comment