11 Nov 2014

KEGIATAN KEPRAMUKAAN

Kegiatan Kepramukaan dalam Kurikulum 13, dimasukkan ke dalam Ekstra Kurikuler Wajib bagi semua siswa didik, SD, SMP, dan SMA. Tak lepas dari itu, kegiatan ini sangat menunjang keberhasilan pembelajaran Kurtilas (Kurikulum Tiga Belas) yang diwujudkan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (menurut si penulis)

Khususnya di Gugus Yudhistira Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah telah mengadakan Pesta Penggalang PERSAMI pada tanggal 1-2 November 2014 yang diikuti 12 SD se-gugus Yudhistira tepatnya di komplek persawahan  selatan SD N 2 Tekaran. Diikuti Regu Putra dan Putri masing-masing SD, sehingga total ada 23 tenda yang berdiri dengan manisnya. Dikarenakan salah satu SD memiliki kendala jumlah murid maka hanya mengikutkan 1 regu saja.




Selama 2 hari tersebut, diisi dengan banyak kegiatan yang sarat akan pendidikan berkarakter yang menitikberatkan pada sifat-sifat spiritual, pengetahuan, dan keterampilan yang menguji kecerdasan, kecerdikan, kebersamaan, kekompakan serta tekad pantang menyerah setiap regu. Terbukti dengan cuaca yang amat panas, terik matahari terasa menyengat, serta kondisi lapangan yang kurang rata, namun tidak menyurutkan semangat para peserta dan kakak-kakak pembina. Saluuuut..!!!

Memang yang namanya kegiatan-kegiatan yang menunjang tumbuh kembang serta daya pikir anak akan memerlukan biaya dan tenaga yang cukup banyak. Tapi perlu diingat! Bahwa segala sesuatu pasti ada Untung dan Ruginya, bukan...Tetapi apabila ditimbang, saya yakin arti pentingnya kegiatan kepramukaan ini akan memberi dampak positif yang lebih besar kelak serta merta akan membentuk kepribadian generasi mendatang menjadi lebih baik , bermartabat , dan berwibawa.








Sekian, sekiranya terdapat kesalahan atau kekurangan postingan ini, mohon dimaklumi.....   ;-)

Beberapa dokumen terkait yang dapat diunduh:
  1. Revisi seragam Pramuka
  2. Kesiagaan
  3. Kepenggalangan



No comments:

Klik Postingan Lainnya:

Ikuti..