20 Jan 2013

Ke SMP 7 Lagi, Yuk!

Hari minggu cuaca cukup cerah. Tiba saatnya pergi ke SMP 7. Anak-anak bermain sambil menunggu Ibu Guru tiba di sekolah dengan naik "Sepeda Onthelnya". Supaya sehat begitu kata Ibu Guru. Setibanya di sekolah, Ibu Guru kemudian megkondisikan anak-anak.
Permainan kali ini, untuk meningkatkan kemampuan verbal/berbahasa khususnya perbendaharaan kosa kata yang berkaitan dengan kata sifat/keadaan pada anak yang dilakukan secara kelompok yangmana permainannya terdiri 3 babak. 




Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Sebelum dimulai seperti biasa didahului dengan berdoa.
  2. Guru mengabsen anak-anak yang hadir.
  3. Guru menjelaskan tujuan dan aturan permainan.
  4. Guru membagi menjadi 2 kelompok (agar lebih menarik, kelompok diberi nama bunga/buah-buahan atau lainnya), masing-masing 5 anak.
Babak I:
  • Masing-masing kelompok menentukan salah satu wakilnya maju untuk adu kemampuan mencari kata sifat sedangkan lawannya menentukan kata antonimnya (lawan kata). Bagi anak yang yang tidak dapat menemukan kata sifat atau menemukan antonimnya, maka kesempatan akan diambil oleh lawan dan mendapat skor 10.
Babak II:
  • Guru menunjuk salah satu anak untuk menjadi model. Nantinya, kedua kelompok diperintahkan mencari kata sifat/keadaan yang positif pada model. Bagi yang menjawab benar mendapat skor 10.
 

Babak III:
  • Guru memerintahkan kapada kedua kelompok untuk mengembangkan temuan-temuan kata sifat tadi ke dalam bentuk cerita singkat. Penilaian.

Tindak lanjut:
  • Bagi kelompok yang kalah akan mendapat hukuman berupa menyanyikan tembang dolanan disertai solah bawa.
  • Guru akan memberi hadiah kecil untuk anak yang telah hadir sebagai penghargaan kepada anak-anak.




Nah, demikian kiranya langkah-langkah yang disusun Ibu Guru dalam upaya meningkatkan kemampuan verbal/bahasa khususnya kata sifat yang disambut antusias oleh anak-anak. Tentu masih banyak ketidaksempurnaan dalam perencanaan permainan, namun Ibu Guru telah berusaha sebaik mungkin demi mencerdaskan generasi penerus serta menanamkan kepribadian yang luhur berdasarkan Pancasila. Apalagi semua itu tanpa dipungut biaya alias gratis......




No comments:

Klik Postingan Lainnya:

Ikuti..