25 Mar 2015

Metode Penghapalan Angka Romawi

Beberapa metode-metode dan inovasi perlu dilakukan dalam proses pembelajaran supaya dapat meningkatkan prestasi anak. Namun kembali lagi yang terpenting adalah prosesnya bukan pada hasilnya, Bapak dan Ibu. Hasil yang baik adalah bonus dari usaha kerja keras kita bersama anak didik dalam melakukan  proses pembelajaran, dan itu suatu kepuasan yang tiada terkira, saya rasa.
Kembali saya berbagi dengan Anda, mohon dimaafkan apabila ada kesalahan, karena pada dasarnya, selama kita hidup di dunia adalah suatu proses belajar sampai akhir hayat sehingga  tak lepas dari kesalahan, bukan. 
Salah satunya, pada pembelajaran Matematika tentang Angka Romawi. Biasanya anak-anak menggunakan angka latin dalam berhitung, tapi kali ini anak-anak diminta untuk memahami angka Romawi serta proses operasi hitungnya.Yang saya terpkan selama ini yaitu dengan Metode Kuantum Teknik Memori.
Bagaimana?
Adalah sebagai berikut:
Pertama-tama:  Saya menekankan kepada anak-anak bahwa tangan kita yang kanan dan kiri memiliki arti yang mana tangan kanan itu baik dan sifatnya menambah pahala (karena letaknya di kanan kita), sedangkan tangan kiri itu buruk dan sifatnya mengurangi pahala (karena letaknya di kiri kita).
Kedua:  Saya perkenalkan beberapa angka Romawi mulai 1-10 dahulu. (jangan lupa sambil dijelaskan aturan-aturan dan larangannya):
Ada aturan baku level angka Romawi seperti: I (1); V (5); X (10); L (50); C (100); D (500) dan M (1000)
1 = I
2 = II
3 = III

24 Mar 2015

TENTANG PERBANDINGAN SKALA

             

          Mata pelajaran Matematika Kelas V Kurikulum KTSP 2006 Semester II, seringkali anak-anak merasa kesulitan untuk memahami apa perbandingan skala. Maka saya selaku guru kelas mereka harus memutar otak cari solusi supaya anak dapat memahami makna perbandingan skala dan menyelesaikan beberapa masalah seputar perbandingan.
          Pada kegiatan sebelumnya, anak-anak masih banyak kesulitan dalam pemahaman, sehingga pada pertemuan kedua, saya memutuskan untuk menggunakan Metode Inkuiri, yaitu mencari, menemukan, menanyakan, eksperimen dan menyimpulkan.
          Nah, terlintas di benak saya, langkah-langkahnya saya harus:

23 Mar 2015

MELATIH IMAJINASI ANAK

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Ketrampilan.

Namanya saja masih anak-anak, tentu tak jauh dari sifat-sifat: nakal, ingin tahu, tidak mau diam, dan selalu ingin bermain. Tetapi kali ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya (pengalaman pribadi), yang berkaitan dengan membuka pola pikir anak (anak diajak untuk berpikir hal-hal yang tidak masuk di akal), bahwa dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita ternyata dapat berkreasi seluas mungkin, tidak melulu hanya mengarang, lalu mencari tema, kalimat utama dan sebagainya. Namun, akan saya olah sedemikian rupa agar anak-anak merasa tertantang dan termotivasi untuk mengembangkan daya pikir khususnya dalam berimajinasi dengan membuat suatu gambaran yang pada kenyataannya tidak mungkin atau khayalan. Strategi ini dapat digolongkan ke dalam Metode Quantum Teaching.

Klik Postingan Lainnya:

Ikuti..